Konversi Motor Bensin ke Listrik: Simak Syarat, Cara Daftar dan Kisaran Biayanya

HARIANE SEMARANG – Informasi program pemerintah terkait konversi motor bensin ke listrik resmi dirilis, Kamis, 6 April 2023..

Berbagai syarat, ketentuan, cara mendaftar sekaligus kisaran biayanya dirilis Pemerintah melalui platform digital bagi masyarakat. Hal tersebut sejalan dengan Kementrian ESDM selaku salah satu penyelenggara program konvensi motor listrik.

“Per hari ini platform digital sudah dapat di-launching, sudah go live,” terang Direktur Konservasi Energi Direktorat Jenderal EBTKE Kementerian ESDM, Gigih Udi Utomo, dalam keterangan resmi saat acara Sosialisasi Bantuan Pemerintah Program Konversi Motor Listrik, Selasa 4 April 2023.

Adapun, persyaratannya yang diatur oleh Pemerintah adalah hanya diberikan kepada motor dengan kapasitas mesin 100 cc – 150 cc.

Selanjutnya, pajak kendaraan bermotor (PKB) harus sudah dibayarkan atau taat pajak dan tidak menunggak. Data kendaraan yang tertera di mesin harus sama dengan identitas yang ada di surat kendaraan.

Syarat dan Cara Mendaftar dan Kisaran Biaya Konversi Motor Bensin ke Listrik

Pemerintah menyediakan pendaftaran
Pemerintah menyediakan pendaftaran melalui platform digital bagi masyarakat yang mau melakukan konversi motor bensin ke listrik. (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

Masyarakat yang ingin mengikuti program pemerintah terkait konversi motor bensin ke listrik ini cukup mendaftar di platform EBTKE, dengan cara memilih bengkel yang tersedia di platform digital tersebut.

  • Kemudian, pilihan bengkel yang dipilih akan menghubungi pemohon untuk datang ke lokasi yang tertera. Pemohon membawa identitas diri juga identitas kendaraan seperti, KTP, STNK dan BPKB.
  • Selanjutnya, biaya yang dikeluarkan untuk konversi motor bensin ke listrik sekitar Rp 15 juta. Apabila telah sepakat dengan biaya yang dijelaskan akan dikurangi Rp 7 juta sesuai dengan aturan yang ditetapkan Pemerintah.

Dikutip dari laman Twitter ESDM, informasi terkait bantuan dari Pemerintah sebesar Rp 7 juta untuk motor yang sudah di konversi.