FIFA Uji Coba Aturan Baru Offside Jelang Musim 2023/2024? Tidak Ada Lagi Offside Setipis Ujung Kaki

HARIANE SEMARANG – Uji Coba aturan baru offside akan segera dilakukan oleh Federasi Sepak bola Internasional (FIFA). Kabarnya aturan ini sedang dalam proses pengujian pertandingan yang dijadwalkan di Belanda, Italia, dan Swedia.

Sejak munculnya teknologi VAR dalam sepak bola, banyak penikmat sepak bola yang dikecewakan karena keputusan wasit yang dinilai terlalu ketat karena memperhatikan hal-hal yang kecil.

Video Assistant Referee (VAR) adalah teknologi bantu bagi wasit untuk menentukan keputusan yang adil dalam pertandingan.

Dikutip dari Inside FIFA, VAR dapat mengawasi jalannya pertandingan di monitor atas dan memeriksa atau meninjau insiden di monitor quad-split.

VAR juga bertanggung jawab untuk memimpin tim VAR dan berkomunikasi dengan wasit di lapangan. Tim VAR berkomunikasi dengan wasit hanya untuk kesalahan yang jelas atau insiden serius yang tidak sengaja terlewatkan sehingga menimbulkan kontrroversi.

Terkait dengan offside, tim VAR menggunakan teknologi offside semi-otomatis dengan sistem pelacakan elektronik khusus yang digunakan sehingga kejadian offside dapat ditinjau melalui kamera video.

Banyak sekali pelanggaran offside yang cukup sering mengecewakan para penggemar. Pelanggaran ini adalah jenis offside tipis yang terekam oleh teknologi VAR.

Misalnya dalam laga El Clasico pada 20 Maret 2023 ketika Real Madrid mengalami kekalahan dari Barcelona di Camp Nou.

Saat itu Madrid bisa saja menyamakan kedudukan jika Marco Asensio, penyerang Real Madrid, tidak terkena offside.